3 Manfaat Jahe Bagi Wanita

Spread the love

Manfaat jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang bisa menghangatkan tubuh saja. Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe ini kemudian menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah.

Jahe masuk dalam anggota Zingiberanceae. Dengan kata lain, jahe masih berkerabat dengan tanaman herbal lain. Contohnya, kencur, kunyit, dan lengkuas. Pertanyaanya, apa sih manfaat jahe bagi wanita?

3 Manfaat Jahe Bagi Wanita

Mengatasi Nyeri Menstruasi
Mengkonsumsi air jahe dapat mengatasi nyeri saat menstruasi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa jahe memiliki khasiat mengurangi gejala nyeri saat menstruasi. Bahkan khasiat jahe ini bisa disamakan dengan obat seperti ibuprofen dan juga asam mefenamat.

Mencegah Morning Sickness Pada Ibu Hamil
Sebenarnya morning sickness yang sering terjadi di awal masa kehamilan bisa diminimalisir dengan cara minum air jahe. Hal ini disebabkan jahe berkhasiat bisa meminimalisir morning sickness.

Namun perlu diingat, pada saat hamil tidak boleh sembarangan meminum obat-obatan tradisional seperti jehe. Untuk itulah sebelumnya disarankan untuk konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengkonsumsinya.

Mencegah Osteoporosis
Banyak hasil penelitian yang menyebutkan jika rasa sakit yang diakibatkan oleh kondisi seperti ini bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi ekstrak jahe. Dan ekstrak jahe ini akan lebih nikmat lagi jika dijadikan minuman. Senyawa kimia yang ada pada jahe ini dipercaya memiliki kemampuan untuk mengurangi zat kimia yang dapat memicu peradangan sendi dan juga dapat merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat, yaitu zat yang dapat meringankan rasa sakit dan juga ketidaknyamanan.


Spread the love